www.semerupos.com : Akurat - Transparan - Akuntabel, Pasang iklan hub Email : semerupos7@gmail.com

Gus Muhdlor Bangun Makam Sayyid Muhammad Ali Muzayyid di Desa Lebo


SIDOARJO -  Sayyid Muhammad Ali Muzayyid dipercaya sebagai dzurriyah (keturunan) Sunan Giri - salah satu anggota Wali Songo, wali penyebar agama Islam di Nusantara.


Makam Sayyid Ali terletak di Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo. Dibangun kembali oleh Gus Muhdlor, Bupati Sidoarjo untuk mengenang jasa-jasanya dalam menyebarkan agama Islam di bumi kota delta. "Kita bangun makam Sayyid Ali sebagai tonggak semangat lintas generasi memakmurkan Sidoarjo mental dan spiritualnya," ujar Gus Muhdlor.


Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo ternyata memiliki sejarah perkembangan Islam yang kuat di Kabupaten Sidoarjo. Terbukti terdapat makam ulama keturunan Sunan Giri yang dimakamkan di desa tersebut. Ulama itu adalah Pangeran Lebo bin Sunan Prapen bin Sunan Dalem bin Sunan Giri alias Sayyid Muhammad Ali Muzayyid.


Tidak jauh dari makam Sayyid Muhammad Ali Muzayyid, terdapat makam Kyai Dasuki dan Kyai Mishbah. Dua ulama itu yang melahirkan KH Ali Masyhuri bin Mubin bin Dasuki bin Misbah (Mbah Singgopuro) Bin Muhdlor. Nama terakhir Kyai Mukhdlor sendiri adalah orang dari Bonang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah yang beristri Nyai Syamsiah putri dari Mbah Ahmad Musthofa Mujarrod. Kyai Mukhdlor dimakamkan di Desa Lebo.


RM Lutfi Ghozali yang menyebut dirinya sebagai Sarkub atau Sarjana Kuburan menceritakan lewat story Fb nya dua tahun lalu bahwa ditemukannya makam Sayyid Muhammad Ali Muzayyid saat dirinya diajak KH. Ali Masyhuri berziarah ke makam wali gedhe yang berada di makam Islam Desa Lebo. Makam wali gedhe yang dimaksud adalah makam mbah-mbahnya KH. Ali Masyhuri atau Gus Ali Pengasuh Ponpes Bumi SHolawat Lebo Sidoarjo. Makam tersebut adalah makam Kyai Dasuki dan Kyai Mishbah yang berdampingan.


"Kale makam niki makame mbah-mbah kulo, tapi kulo supe pundi seng makame Kyai Dasuki lan pundi seng makame Kyai Mishbah. Beliau-beliau iki wali gedhe," ucap Gus Ali kepada R M Lutfi Ghozali saat itu.


Di story Fb nya tertanggal 8 Mei 2022 itu R M Lutfi Ghozali menceritakan juga bahwa ia baru tahu jika Kyai Dasuki putra Kyai Mishbah dan Kyai Mishbah merupakan putra Kyai Muhdor. Menurutnya Kyai Mishbah inilah yang memiliki nama lain Kyai Penang, dan dari beliaulah terlahir dzurriah berkualitas nan

'alim-'allamah seperti Kyai Ali Masyhuri dan Almaghfurlah Kyai Maemun Zubair. 


R M Lutfi Ghozali juga bercerita bahwa saat itu ia "merasa" masih ada tokoh besar lagi yang belum terungkap yang dimakamkan di makam Islam Desa Lebo itu. Singkat cerita ternyata makam tokoh besar itu berada di sebelah selatan jarak sekitar 10 meter dari makam Kyai Dasuki. la langsung matur ke Yai Ali jika makam tersebut adalah "punjer" Lebo yang jasanya besar dalam mendakwahkan agama Islam pada masa Dewan Wali. "Di ndalem Yai Ali masih membicarakan makam yang awalnya saya kenalkan dengan nama Pangeran Lebo.


Beliau menginginkan mengetahui nama asli dan nasabnya. Saya langsung menghubungi gus Saiful Rahadyan Rajasa guna menanyakan apa ada dzurriah Ampel atau Giri yang mendapat tugas mendakwahkan Islam di wilayah desa Yai Ali saat ini.


"Obrolan jarak jauh via WA dengan Gus Saiful akhirnya menemukan titik terang, bahwasanya memang ada di catatan Suluk Singonegoro nama ulama yang mendapatkan tugas berdakwah di wilayah yang saat ini dikenal dengan nama Lebo (toponimnya mungkin berasal dari Candi Palebon, Candi yang fungsinya sebagai pembakaran jenazah atau bahasa sekarang adalah krematorium)," ungkapnya.


Nama dan silsilah pangeran Lebo langsung ia haturkan kepada Yai Ali. Beliau ngendikan akan merawat makam Pangeran Lebo tersebut. Dalam informasinya ternyata Pangeran Lebo adalah Ulama besar yang menjadi guru dari para Adipati dari berbagai wilayah yang sekarang banyak berganti nama baik yang berada di Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Tumapel dan Lamajang/Lumajang.


"Setelah mengetahui nama hikmahnya kita mengetahui kembali nasab. Setelah mengetahui Nasab akhirnya informasi pentingnya kita mengetahui Sanad, terutama sanad keilmuan. Mari kita jaga sama-sama sebagai matarantai, tidak hanya kesinambungan sejarah tapi lebih dari itu: bersambungnya nasab dan sanad kita sebagai umat Islam Nusantara, "pesannya diakhir storynya.

🌐 Dibaca :

🌏 Baca Juga.....$type=carousel

Nama

@ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo,5,@ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo @cakband1,1,@ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor,23,@ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor #dpubmsda,9,@ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor #dpubmsda #pu_sidoarjo,5,@cakband1@pemkabsidoarjo #sidoarjo,3,@pemkabsidoarjo @cakband1,1,@pemkabsidoarjo @pemkabsidoarjo #sidoarjo @cakband1,1,@pemkabsidoarjo #sidoarjo,1,@sidoarjokab.go.id/ @ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor,3,@sidoarjokab.go.id/ @112sidoarjo @ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor #dpubmsda #pu_sidoarjo,1,@sidoarjokab.go.id/ @ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor @sidoarjokab.go.id/ @112sidoarjo @ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor,4,@sidoarjokab.go.id/ @ahmadmuhdlorali @pemkabsidoarjo #sidoarjo #gusmuhdlor #dpubmsda,1,@sidoarjokab.go.id/ @pemkabsidoarjo #sidoarjo,1,#dpubmsda #pu_sidoarjo #berAkhlak #bangamelayanibangsa,1,#dpubmsda#pu_sidoarjo,1,#sidoarjo #gusmuhdlor #dpubmsda #pu_sidoarjo,1,#Universitas Hangtuah Surabaya,2,Bangkalan,4,Banyuwangi,5,Berita Magetan,5,Blitar,3,Bondowoso,10,BUDAYA,2,Cilacap,1,DAERAH,1425,Daerah Sidoarjo,49,Daerah Sidoarjo @ahmadmuhdlorali,2,Daerah Sidoarjo Dishub Sidoarjo Satlantas Polresta Sidoarjo,9,Daerah Surabaya,3,derah,1,Dikpora Magetan Silpa 95 M Dikpora Magetan,1,DIY,1,Gresik,5,Internasional,1,Jakarta,4,Jawa tengah,1,Jawa Timur,3,Jember,12,Jombang,77,Karawang,8,Kasus,9,Kediri,6,KESEHATAN,17,Kodiklatal,8,Kodiklatal Surabaya,17,KUMPULAN BERITA MADIUN,148,Lamongan,2,Lapas,1,LOTENG,14,Lumajang,5,Madiun,6,Madura,5,Magetan,10,Malang,16,Malang @pesareangunungkawi,1,Malang Kota,3,Mojokerto,5,Mojokerto Kota,1,NASIONAL,221,NEWS,521,Nganjuk,18,Ngawi,4,NTB,1,Olahraga,6,Pacitan,1,Pamekasan,1,Pasuruan,12,Pemkab Sidoarjo,1,Peristiwa,3,PLN Sidoarjo,1,Polda Jatim,2,Polisi,1,Polres Jombang,7,Polres Madiun,5,Polres Malang,1,Polres Nganjuk,19,Polresta Sidoarjo,7,Polri,11,Polsek Gedangan,1,Ponorogo,4,Probolinggo,5,Religi,1,Sampang,1,Satlantas Polresta Sidoarjo,1,Satreskrim Polresta Sidoarjo,5,Semarang,1,Siadoarjo,2,Sidoarjo,588,Sidoarjo Polresta Sidoarjo,1,Sidoarjo#Polresta Sidoarjo#Sidoarjoaman,1,Situbondo,2,SPORT,1,Sumenep,1,Surabaya,94,Tegal,1,TNI POLRI,3,Trenggalek,7,Tuban,3,Tulungagung,4,UCAPAN,19,Universitas Hang Tuah Surabaya,14,Wisata,2,Wisata.Religi,1,Yogyakarta,2,
ltr
item
Semeru Pos: Gus Muhdlor Bangun Makam Sayyid Muhammad Ali Muzayyid di Desa Lebo
Gus Muhdlor Bangun Makam Sayyid Muhammad Ali Muzayyid di Desa Lebo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6NvDi6bGP2dAlXaslb5CrNHuBsMuMjA_np5AtmGkDPYfKwjvg0-3BjpZfIqk7-f_tHrVMiELpCGkElrU1Ygr2MpHaKQ4m97pKyenYYNlMBJmT8gwFqiUzh2ebHeUSHGuuIFh_9iOCelgIR164vUU-O63CHYv5vhQ4K2zXIEOhllaIXPn7EadRkW6EOapo/s320/IMG_20240318_191324.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6NvDi6bGP2dAlXaslb5CrNHuBsMuMjA_np5AtmGkDPYfKwjvg0-3BjpZfIqk7-f_tHrVMiELpCGkElrU1Ygr2MpHaKQ4m97pKyenYYNlMBJmT8gwFqiUzh2ebHeUSHGuuIFh_9iOCelgIR164vUU-O63CHYv5vhQ4K2zXIEOhllaIXPn7EadRkW6EOapo/s72-c/IMG_20240318_191324.jpg
Semeru Pos
https://www.semerupos.com/2024/03/gus-muhdlor-bangun-makam-sayyid.html
https://www.semerupos.com/
https://www.semerupos.com/
https://www.semerupos.com/2024/03/gus-muhdlor-bangun-makam-sayyid.html
true
8425336228711128018
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy